I made this widget at MyFlashFetish.com.

Senin, 08 November 2010

Gunung Merapi

Merapi merupakan gunung berapi yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa dan termasuk salah satu gunung berapi yang aktif di Indonesia. Ketinggian puncak ini adalah 2.968 m. Lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi Barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara. Kawasan hutan yang berada di sekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004.


Gunung ini sangat berbahaya karena menurut catatan modern mengalami erupsi (puncak keaktifan) setiap dua sampai lima tahun sekali dan dikelilingi oleh pemukiman yang sangat padat. Sejak tahun 1548, gunung ini sudah meletus sebanyak 68 kali.Kota Yogyakarta adalah kota besar terdekat, berjarak sekitar 27 km dari puncaknya, dan masih terdapat desa-desa di lerengnya sampai ketinggian 1700 m dan hanya 4 km jauhnya dari puncak. Oleh karena tingkat kepentingannya ini, Merapi menjadi salah satu dari enam belas gunung api dunia yang termasuk dalam proyek Gunung Api Dekade Ini.


Dan, baru-baru ini 26 Oktober lalu, Gunung Merapi meletuskan abu panasnya dan segala material yang terkandung di dalamnya. Mbah Maridjan, penjaga Gunung Merapi pun wafat dengan keadaan sujud menghadap ke Allah S.W.T. Dia merupakan seorang sosok yang benar-benar setia dan mengabdi kepada Gunung Merapi hingga akhir hayatnya.


Perkembangan letusan Gunung Merapi dan segala aktivitasnya pun ramai diberitakan di media massa. Mulai dari berita nasional, internasional, internet, radio, dan segala macam. Saya hanya berharap agar kita, manusia menyadari apa yang telah kita perbuat kepada Alam. Alam ada untuk kita dan seharusnya kita tetap menjaganya. Mari kita menjadi manusia yang peduli, merawat, menjaga, dan melestarikan segala yang ada di alam ini!!! Jangan hanya meng-eksploitasi segala sumber daya alam. Jika kita terus menerus berbuat seperti itu maka alam akan murka.


Pray for Indonesia. :)


Berikut foto-foto (sumber : www.vivanews.com)






















0 komentar:

Posting Komentar

playlist